Bagaimana Tips Memilih Ban Motor

12:35
Ban motor tak bisa dipisahkan dari sepeda motor apapun, baik secara harfiyah maupun maknawiyah. Anda bingung ? heheh, begini maksudnya, ban motor memang tidak bisa dipisahkan dari motor, kalau ban motor dipisahkan dengan motor lantas bagaimana mungkin motor tersebut bisa berjalan, itu maksud dari 'secara harfiyah. Secara maknawiyah, ban motor merupakan salah satu unsur penting dalam keselamatan berkendara, itulah mengapa ban tidak bisa dipisahkan dari 'kehidupan' bersepeda motor. Jadi bagi sahabat sekalian agar lebih cermat dalam memilih ban motor anda. Berikut ini beberapa tips dari kami dalam memilih ban :






1. Merek itu penting

Yap benar, sebuah merek itu penting. Mungkin akan ada pro dan kontra mengenai 'merek bagus kualitas juga bagus', karena bagi sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa tidak selamanya merek bagus kualitasnya juga bagus, tapi dalam hal 'memilih ban' ini bagi saya merek itu penting, tidak hanya dalam memilih ban, bagi saya merek bagus kualitas juga bagus (walaupun tidak 100%). Kenapa ada merek terkenal dan merek tidak terkenal, kenapa pada barang yang sama ada yang harganya murah ada juga yang harganya mahal ? bagi saya, jawaban itu semua ada pada kualitas.

Sebuah merek bisa terkenal tentunya karena berbagai faktor diantaranya faktor promosi juga faktor konsumsi, promosi maksudnya mereka para pelaku pemasaran gencar dalam mempromosikan produk mereka walaupun harus dengan mengeluarkan biaya yang amat mahal seperti beriklan di televisi nasional atau yang lainnya. Konsumsi maksudnya banyak dari para konsumen yang lebih memilih atau menggunakan produk tertentu walaupun produk tersebut tidak beriklam di media-media nasional maka jadilah produk tersebut terkenal.

Kembali ke topik pembahasan, suatu merek bagus juga harus melalui pembuktian, maksudnya, merek dikatakan bagus jika memang ada bukti bahwa merek tersebut bagus. Lalu merek ban apa yang terbukti bagus ? sahabat sekalian mungkin pernah melihat acara MotoGP, yaitu ajang balap motor, nah di sanalah sahabat sekalian bisa menilai merek ban motor mana yang bagus, bagi saya, semua merek ban motor yang dipakai untuk ajang balap di MotoGP tersebut bagus dan berkualitas, sahabat sekalian bisa melihat sponsor merek ban apa saja yang dipakai para peserta MotoGP.

Selain merek, perkataan orang juga bisa mempengaruhi 'pilihan' anda dalam membeli ban motor, ini yang perlu diingat, jangan mudah terpengaruh oleh perkataan orang dalam memilih ban, semua harus ada pembuktian kualitasnya.

Jadi, jangan takut untuk mengeluarkan uang lebih banyak demi keselamatan anda.



2. Penggunaan ban harus disesuaikan

Ini juga perlu diperhatikan, misalnya motor saya yang sehari-harinya saya pakai untuk bekerja berjalan di atas jalan aspal tentunya berbeda dengan motor yang sehari-harinya dipakai untuk melewati bukit berbatu atau offroad. Bisa juga menggunakan ban dual purpose bagi ban yang sehari-harinya berjalan di atas aspal dan sesekali berjalan di jalan yang berpasir atau berbatu.


   

3. Perhatikan Jenis Jalan yang Akan Dilalui

Jalanan di kota yang relatif datar berbeda dengan jalanan di desa atau di pegunungan yang kadang menanjak, kadang menurun dan terkadang datar. Hai ini berpengaruh juga pada ban, ban yang sering digunakan di kota berbeda dengan ban yang sering dipakai di pegunungan, karena tidak semua ban didesain untuk semua kondisi jalanan. Tapi, jika motornya digunakan untuk jalan kota dengan sesekali berkunjung ke pegunungan, maka disarankan menggunakan ban dual purpose. Kenapa bisa begitu ? setiap produsen tentunya ingin tetap menjaga kualitas ban yang mereka produksi, mereka akan membuat ban yang sesuai dengan tujuan penggunaannya.
   

4. Ukuran Ban Sesuai Pelek

Ukuran ban harus sesuai dengan pelek, jangan sampai ban lebih besar dari peleknya atau peleknya lebih besar dari ban. Kenapa ? selain terlihat tidak pantas, ban yang tidak sesuai dengan pelek juga bisa membahayakan pengemudinya, salah satunya jika ban yang tidak sesuai dengan pelek itu 'diajak' menikung ia tidak optimal dalam menikung bahkan yang lebih parah tidak bisa menikung hehehe.
   
5. Kembangan dan Alur Ban.


Sebenarnya apa sih fungsi alur dan kembangan ban ? Selain agar ban tidak selip ketika turun hujan, kembangan dan alur ban juga berfungsi sebagai 'pencekram' jalan agar ban bisa berjalan. Ban depan dengan ban belakang harus berbeda alurnya, kenapa ? karena ban depan berfungsi untuk grip karena bertugas membuka jalan, makanya, ban depan dituntut untuk mengendalikan air ketika jalan basah. Sementara ban belakang berfungsi memberikan kestabilan. Makanya, alur ban depan dan belakang harus berbeda. Jika kita perhatikan motor kita, alur ban depan mirip seperti huruf "A" dan alur banbelakang seperti huruf "V", itu semua karena masing-masing dari ban depan dan belakang memiliki fungsinya masing-masing.




*berbagai sumber

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »