Bagaimana Mengantisipasi Rasa Lelah Saat Berkendara

15:39
Secara umum, semakin dekat perjalanan yang kita tempuh dengan berkendara semakin sedikit pula persiapan kita pra-berkendara. Contohnya begini, ketika hendak menuju Masjid yang jaraknya dengan rumah hanya 100 meter, kita hanya perlu 'sedikit' persiapan sebelum kita menggunakan motor, bahkan tanpa persiapan artinya kita langsung tancap gas menuju masjid. Berbeda halnya dengan perjalanan jarak 10 Km, kita mulai mencemaskan berbagai hal, polisi misalnya, karena takut ditilang akhirnya kita memakai helm ketika berkendara atau sekedar mengkhawatirkan isi bensin agar tidak habis di tengah jalan. Lebih jauh lagi dengan perjalanan jarak 100 KM atau lebih. Jelas kita harus memperhatikan berbagai aspek demi keselamatan berkendara dan perjalanan kita, baik itu menggunakan sepeda motor atau mobil bahkan bersepeda dengan jarak tempuh seperti ini sangat diperlukan persiapan apalagi berkendara dengan sepeda motor, terlebih lagi dengan menggunakan mobil.



Persiapan sebelum berkendara diperlukan setiap saat, artinya tidak hanya pada momen-momen tertentu, lebaran misalnya, tapi berhubung puasa tidak lama lagi dan otomatis lebaran juga tidak lama lagi, tidak ada salahnya kita mengetahui bagaimana mengantisipasi perjalanan berkendara kita, karena perjalanan yang akan kita tempuh ketika mudik ini tidak biasa, tidak biasa karena sehari-hari kita tidak melakukan perjalanan sejauh ini (bagi yang mudiknya jauh, kalau yang mudiknya deket tidak termasuk hehe). Berikut ini tips mengatasi rasa lelah saat berkendara ;

1. Tidurlah 10-45 menit sebelum berkendara.
Jangan anggap remeh tidur sebelum berkendara jarak jauh, istirahatkan tubuh anda sebelum melakukan pekerjaan berat, terutama berkendara mobil. Tidur sebelum berkendara bisa membuat tubuh dan mata anda fit ketika berkendara

2. Jangan makan terlalu banyak karbohidrat saat Sahur.
Karbohidat merupakan salah satu sumber energi bukan ? tapi ketika energi itu tidak kita gunakan untuk bergerak, berjalan atau berlari misalnya, justru akan membuat kita mengantuk, kenapa ? karena seseorang ketika mengendarai mobil ia lebih cenderung banyak duduk daripada berdiri, itu sebabnya ia jadi sering mengantuk ketika banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat.

3. Mulailah perjalanan lebih awal, agar tidak terburu-buru.
Ini juga penting, karena ketika kita melakukan suatu pekerjaan lebih awal, secara psikologis kita lebih 'siap' dengan pekerjaan itu.

4. Jangan langsung mengemudi setelah Sahur, karena tubuh akan merespon dengan menjadi lelah dan mengantuk.
Kembali ke point pertama, istirahatlah sejenak sebelum berkendara.

5. Tetap fit dan lakukan olahraga kecil.
Lakukan olahraga kecil sebelum dan ketika berkendara. Sebelum berkendara misalnya dengan berlatih pernafasan, merengangkan otot-otot tubuh dan lain-lain, ketika berkendara dengan peregangan otot leher misalnya, pijat refleksi mandiri pada mata dan lain-lain.

6. Istirahatlah setiap dua jam atau setiap 240 km. Toleransi mengemudi jarak jauh empat jam perjalanan.

7. Hindari mendengarkan musik dengan ketukan dan irama monoton.

8. Waspada terhadap panas matahari. Dehidrasi serius dapat mengganggu kemampuan mengemudi.

9. Membawa sopir cadangan.

10. Mengemudi dengan lebih sopan dan sabar, ambil pemikiran positif pengemudi lain juga merasakan hal yang sama dengan kita.

Share this

Related Posts

First