PENYEBAB KEBAKARAN MOBIL

14:22
Seperti biasa, langsung saja. Sesuai judul "Penyebab Kebakaran Mobil", tentunya disini kita akan sedikit mengulas tema tersebut. Kebakaran mobil, dikatakan sering juga tidak selalu sering, dikatakan jarang juga tidak terlalu jarang. Itu semua tidak penting yang penting adalah potensi kebakaran pada mobil kita itu selalu ada  walaupun prosentasenya hanya 1%. Jadi sangat ada baiknya kalu kita mengetahui penyebab kebakaran mobil sehingga kita bisa mewaspadainya sedini mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan kedepannya.





Berbicara mengenai penyebab, sebenarnya penyebab mobil terbakar itu beragam, dari mulai kelalaian kita, kerusakan mesin itu sendiri atau bahkan kesengajaan orang lain yang dengan teganya membakar mobil orang lain (ini mah tega bener). Pada intinya penyebabnya itu beragam, disini mungkin saya akan menyampaikan 3 penyebab utama yang juga mungkin sering terjadi sehingga menyebabkan kebakaran mobil.

Apa saja penyebab kebakaran mobil itu ? yang pertama adalah oli. Sahabat oto yang punya mobil pastinya tahu kan oli itu apa dan untuk apa. Sahabat oto, oli ini memiliki sifat yang mudah sekali terbakar jika terkena sumber panas. Jadi sebisa mungkin sahabat oto hindari kebocoran pada oli ini, juga hindari sekat oli yang rusak yang dapat membuat oli merembes ke mesin kendaraan mobil yang panas karena oli ini mudah sekali terbakar.

Penyebab kedua adalah terjadinya korsleting listrik yang menimbulkan percikan api. Sahabat oto harus cermat dengan kabel-kabel 'kelistrikan' pada kendaraan sahabat oto agar terhindar dari adanya arus pendek yang timbul dari kelistrikan mobil. Selain percikan api, kontak sambungan kabel yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan kebakaran pada kendaraan mobil sahabat oto.

Penyebab yang ketiga adalah kebocoran pada tangki bahan bakar. Kita semua tahu bahwa bensin itu mudah sekali terbakar, maka hindari adanya kebocoran tersebut. Berikut ini tips dari hoby-oto agar mobil sahabat oto selalu prima dan terhindar dari kebakaran.


  • Lakukan perawatan atau servis secara rutin untuk terus menjaga performa mesin kendaraan sahabat oto.
  • Berkendaralah dengan aman. Hal ini cukup membantu mengurangi risiko kebakaran. Artinya berkendaralah sesuai dengan petunjuk penggunaan (manual service) sehingga performa mesin kendaraan sahabat oto tetap terjaga (jangan ugal-ugalan mengendarai mobil, kenapa ? selain dapat mengurangi performa mesin, hal seperti itu juga dapat membahayakan pengguna kendaraan lain atau orang lain).
  • Jika ingin memarkirkan kendaraan, pastikan daerah yang dipilih adalah daerah aman yang terhindar dari sumber api.
  • Jangan membawa kemasan yang berpotensi menyebabkan kebakaran seperti bensin, kaleng beraerosol ke dalam kendaraan sahabat oto.
  • Pastikan ruang mesin kendaraan terbebas dari benda asing yang mudah terbakar, misalnya kain, kertas, ataupun plastik.
  • Jika sahabat oto memasang aksesoris yang terhubung dengan listrik, pastikan semua terpasang dengan sempurna dan sesuai dengan standar serta dilakukan oleh ahlinya.
  • Jangan lupa untuk mendaftarkan kendaraan sahabat oto di asuransi mobil yang bisa dipercaya. Sehingga ketika kebakaran itu terjadi, baik karena kelalaian pemilik maupun kesalahan dari lingkungan sekitar, sahabat oto tidak perlu khawatir.


Semoga tips di atas bisa membantu sahabat oto menghindari adanya kebakaran pada mobil kesayangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »